Selasa, 01 Januari 2013

Proses Organisasi


Dalam Organisasi tentunya terdapat proses-proses yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Seperti, Proses mempengaruhi pengambilan keputusan dan komunikasi adalah proses-proses manejerial karena secara nyata dilaksanakan oleh para manajer.
Didalam proses organisasi terdapat beberapa proses pendukung lainnya yaitu antara lain :

Proses mempengaruhi
Merupakan proses untuk memmpengaruhi yaitu suatu bentuk kegiatan atau keteladanan yang baik secara langsung atau tidak langsung mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap orang lain atau kelompok. Proses ini biasanya diterapkan untuk mengerti suatu bentuk kebiasaan atau perilaku dari anggota organisasi sehingga dapat melihat dan memehami karakterisitik dari sebuah organisasi itu sendiri.

Ø  Elemen-elemen yang ada dalam suatu proses mempengaruhi antaralain :
a. Orang yang mempengaruhi
b. Metode yang digunakan untuk mepengaruhi,dan
c. Orang yang di pengaruhi

Ø  Metode mempengaruhi
1. Kekuatan fisik, metode ini dilakukan menggunakan fisik, seperti menggunakan tangan dalam mempengaruhi individu maupun kelompok (berhubungan dengan kekerasan).

2. Penggunaan sanksi, metode ini dilakukan dengan memberikan sanksi kepada individu maupun kelompok, sanksi yang diberikan berupa sanksi positif maupun negatif.

3. Keahlian, metode ini dilakukan dengan keahlian, seseorang yang mempengaruhi mempunyai keahlian dalam mempengaruhi individu maupun kelompok.

4. Kharisma (daya tarik), pada metode ini seseorang yang dipengaruhi akan tertarik kepada orang yang mempengaruhi, karena orang tersebut memiliki kharisma tanpa harus menggunakan kekuatan fisik, sanksi maupun keahlian.

Proses Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan yang akan diwujudkan menjadi kegiatan kelompok merupakan hak dan kewajiban pucuk pimpinan berupa wewenang dan wewenang itu dapat dilimpahkan.
Proses pengambilan keputusan itu berlangsung dengan Konsep sebagai berikut :

a. Identifikasi dan diagnosis masalah
b. Pengumpulan dan analisis data yang relevan
c. Pengembangan & evaluasi alternantif
d. Pemilihan alternatif terbaik
e. Implementasi keputusan & evaluasi terhadap hasil -hasil

Sementara itu tahapan-tahapan dalam proses pengambilan keputusan dapat dikemukakan sebagai berikut :
1. Model-model Pengambilan Keputusan
    a. Relationalitas Keputusan
    b. Model-model perilaku pengambilan keputusan

2. Teknik Pengambilan Keputusan
    a. Teknik -teknik Kreatif: Brainstorming & Synectics
    b. Teknik -teknik Partisipatif
    c. Teknik -teknik pengambilan keputusan Modern : Teknik Delphi, Teknik Kelompok Nominal

sumber :
http://mbrooooong.blogspot.com/2012/10/proses-organisasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar